Friday 18 November 2016

Vaping Bisa Cegah Kecanduan Rokok Batangan

Vaping Bisa Cegah Kecanduan Rokok Batangan.- Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP Indonesia) mengungkap, rokok elektrik atau vaping bisa mencegah kecanduan seseorang terhadap rokok batangan.

Paparan ini disampaikan oleh Ketua YPKP Indonesia, Prof. Achmad Syawqie, DRG, MS bersama tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran. Penelitian tersebut menyimpulkan, rokok elektrik merupakan alternatif pengganti rokok yang memiliki risiko jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan rokok konvensional.

Dosen di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran,  Dr. Drg. Amaliya, MSc. PhD mengatakan, penelitian ini merupakan penelitian rokok elektrik pertama di Indonesia.

“YPKP Indonesia melihat saat ini banyak perokok di Indonesia yang mulai menyadari bahaya merokok, namun karena kecanduan nikotin sangat sulit bagi mereka untuk berhenti. Sayangnya, sebagai salah satu alternatif pengganti rokok yang sedang ramai digemari publik, kami belum melihat adanya kajian khusus yang menyasar pada manfaat dan mudarat rokok elektrik di Indonesia,” ujar Amaliya, seperti ditulis dalam keterangan pers, Jumat (18/11/2016).

Amaliya menjelaskan, hasil profil kromatografi atas kajian cairan dan uap rokok elektrik yang dilakukan oleh timnya selama enam bulan, mendapati adanya kandungan UP Propylene Glycol, USP Glycerin Natural/Vegetable, dan pemanis pada cairan rokok elektrik. Ketiga zat tersebut bukanlah zat berbahaya dan aman dikonsumsi oleh manusia.

Adapun kemungkinan bahaya yang ditimbulkan hanya saat zat-zat tersebut terdegradasi menjadi zat lain, namun hal ini hanya didapati pada 5 jenis cairan rokok elektrik setelah dipanaskan pada suhu tinggi.

Selain itu, kajian uap yang dilakukan pada produk rokok elektrik yang menggunakan teknologi dipanaskan bukan dibakar meskipun bahan baku utamanya adalah tembakau. Namun hal ini menunjukkan adanya penurunan konsentrasi kandungan setelah pemanasan dan tidak adanya degradasi yang menghasilkan zat baru berbahaya.

“Berdasarkan hasil kajian ilmiah ini, YPKP Indonesia merasa rokok elektrik berpotensi menjadi solusi masalah adiksi rokok di masyarakat Indonesia. Akan lebih baik apabila pemerintah dapat secara pararel melakukan kajian ilmiah agar dapat mengatur kebijakannya," ungkapnya.

Perdebatan mengenai rokok elektrik memang secara ilmiah masih kompleks. Sebuah penelitian yang dilakukan di Texas Tech University menemukan, rokok elektrik juga dapat menggoda anak muda untuk minum alkohol dan berhubungan dengan zat psikoaktif.


Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Terimakasih atas kunjungannya :)

Load disqus comments

0 comments